Pages

25.6.11

Liburan 'Serdadu Kumbang'

Liburan sekolah bagi anak-anak adalah sesuatu yang menyenangkan. Sesaat mereka melepaskan rutinitas mereka dalam kegiatan persekolahan. Menghabiskan liburan dengan semaksimal mungkin agar setelah kembali ke sekolah otak dan tubuh mereka kembali fresh. Seperti yang saya alami sewaktu saya kecil. Kalau sekarang sih wah jangan ditanya ya, banyak sekali alternatif liburan dari yang murah sampai yang mahal, hanya di dalam ruangan atau di luar. Waktu zaman saya kecil hiburan yang saya ingat dan sering saya datangi adalah Taman Ria Senayan. Saya suka naik komedi putar dan permainan lainnya, kalau sekarang lebih sering kita jumpai adalah seperti pasar malam yang punya banyak pemainan. Tapi kalau Taman Ria sih permanent tempatnya kalau sekarang sepertinya udah ga ada deh. Dufan, Ancol, Kebon Binatang Ragunan, Monas, Taman Mini, Museum-museum, Salabintana, adalah yang pernah saya kunjungi, bisa dihitung kala itu tempat liburan yang menyenangkan.

Hiburan yang saya ingat juga saat saya waktu kecil adalah pernah nonton atraksinya pesulap DavidCopperfield di Senayan. Wah itu kesempatan yang bagus, beruntung banget bisa nonton seorang David yang emang terkenal banget , yang saya ingat waktu itu dia bisa menghilang ketika sedang melakukan ataksi di atas panggung dan muncul di belakang kursi penonton. Awesomeee.

Ngomong-ngomong liburan anak-anak, hari ini saya berencana mengajak liburan sepupu saya yang masih kecil untuk menonton film di bioskop. Yang diajak adalah sepupu yang sudah mengerti untuk menonton tentunya jumlahnya hanya 3 orang saja. Si ‘petakilan’ ian, Si ‘manja dan imut’ Andin, Si’endut’ Farhan. Farhan dan Andin sebaya, kelas 6 SD sedangkan Ian baru mau masuk SD tahun ini. Ian baru kali ini diajak nonton karena mamanya tidak membolehkan dia nonton di bioskop sebelumnya, saya mengajak dia juga supaya dia bisa menjauh dari Psnya yang rasanya ia sudah kecanduan banget. Kalau udah liburan Sabtu dan Minggu pasti deh bisa seharian duduk di depan TV main PS bersama teman-temannya. Jadi kalau sedang main ke rumahnya serasa di rumahnya ada rental PS, benar-benar deh tuh Ian.




Dulu kalau soal nonton menonton waktu kecil, saya agak lupa umur berapa pertama kali nonton di bioskop, karena jenis hiburan dan tontonannya ga seperti sekarang ini. Untuk menambah pengalaman mereka saya pikir menonton bioskop dan bermain di mal tidak masalah kalau sesekali. Niat awal saya ingin mengajak mereka keliling museum Jakarta tapi dibatalkan karena saya kerepotan kalau mengajak mereka bertiga sendiri yang super aktif ini karena ga ada yang mau diajak keliling museum. Ya sudah saya putuskan saja untuk mengajak mereka menonton dengan sepupu saya yang akhirnya mau juga menemani saya berlibur dengan ‘serdadu kumbang’.

Kami terutama saya berniat untuk menonton Serdadu kumbang, setelah melihat iklannya dan behind the scene film ini rasanya bagus mengajak mereka menonton ini. Selain itu saya memang salut dan sangat tertarik dengan film-film luar biasanya Alenia Pictures (Denias senandung di atas awan, Liburan Seru, King, Tanah Air Beta). Saya satu ide sama mereka karena bisa menyugukan film-film anak yang berkualitas, banyak hal yang bisa disampaikan dengan bermutu, beda dari film-film lain yang jarang menyoroti anak-anak.





Setelah Petualangan Serina produksinya Mbak Mira dan Riri Reza yang saya suka banget mulai dari pemain sampai lagu-lagunya yang ciamik agak lama muncul film anak yang berkualitas. Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi juga film yang digarap bagus oleh Mbak Mira. Garuda di dadaku juga bagus dengan theme songnya yang easy listening dan akhirnya sering dinyanyikan untuk menyemangati para atlit kita yang sedang berlaga terutama sepak bola. Film yang seperti ini yang harus sering disuguhin dan berharap juga ada sinetron yang bisa seciamik ini karena sinetron kita itu udah benar-benar tidak bagus ditonton san sarat dengan ‘pembodohan’. Agar anak-anak juga bisa mendapat pelajaran dari apa yang ditontonnya.

Serdadu Kumbang sendiri bercerita mengenai cita-cita dan pendidikan anak-anak Sumbawa yang ingin terus maju untuk mencapai masa depannya. Bersetting di Sumbawa dengan di dukung pemain dan cerita yang keren, hal yang ingin disampaikan tuh nyampe banget ke anak-anak

Para serdadu kumbang di dunia nyata yaitu anak-anak generasi penerus harus tetap maju untuk mewujudkan cita-cita di masa depannya dengan sungguh-sungguh. Ya itu harapan untuk ‘serdadu kumbang’ a.k.a sepupu-sepupuku ini.


Jaya selalu anak-anak Indonesia.

Nah setelah selesai meonton dilanjutkan untuk bermain dan makan. Mereka happy dan berharap bisa pergi lagi dengan keceriaan yang sama. Amin. Senangnya liburan yang singkat ini walau di mall, bisa bersama dengan mereka, yang memang jarang banget bisa bareng-bareng liburan kecuali kalau liburan ke luar kota bersama keluarga besar.

*Sumber foto: internet