Pages

22.2.11

Among-among

Indonesia mempunyai berbagai macam budaya yang terbentang di seluaruh daerah dari Sabang sampai Merauke. Budaya sudah seperti identitas suatu bangsa karena masyarakat kita yang majemuk. Apa sih budaya itu? Menurut Wikipedia, Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Bicara mengenai budaya yah saya pengin share mengenai budaya among-among. Bagi orang Jawa seperti saya, budaya ini sudah jarang dilakukan oleh saya sendiri. Apa sih sebenarnya among-among itu?


Pada saat saya kecil, saya senang banget ni melakukannya. Among-among itu adalah makan bersama didalam suatu wadah, seperti selametan kecil-kecil karena rasa bersyukur atas kebahagiaan yang kita peroleh. Contohnya ulang tahun, lulus ujian, dapat kerjaan, hari kelahiran yang biasanya di sebut weton, dll. Sebenarnya sih ga ada yang spesial, hanya makan bersama di dalam satu wadah. Saya suka karena kebersamaannya itu dan biasanya setelah itu kita di kasih uang, bagian ini yang saya suka, maklum namanya juga anak kecil bisa buat jajan walau uangnya ga seberapa besarnya.

Jadi zaman dulu saya masih suka pulang kampung ke tempat mbah, mama atau anggota keluarga lain masih suka bikin among-among dan mengundang teman-teman atau tetangga yang masih kecil. Makanan yang disajikan di wadah itu pun ga ada yang spesial dan biasanya serba sedikit, biasanya tergantung yang mau diundang atau kalau biasanya dipanggilin tuh disuruh datang. Palingan nih makanan standar orang Jawa, oseng-oseng, tempe, telor, ayam/daging, atau ga urap, tapi ya walau biasa saya merasakannya luar biasa. Seru banget, berebutan lah kalo tinggal dikit, ketawa-ketawa, pokoknya berasa senang bersama di dalam satu wadah .
Karena kangen melakukannya saya pengin banget nih melakukannya bersama saudara-sudara saya. Rasanya pasti menyenangkan. Tapi belum sempat aja nih, mudah-mudahan bisa terealisasikan secepatnya. Budaya yang bisa membuat kita lebih erat dan tentunya kebersamaan.